PRATAMA, YUDI AGUNG (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) PT. Pelabuhan Wapnor Biak. Skripsi thesis, IISIP YAPIS Biak.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (148kB)
BAB I.pdf
Download (114kB)
BAB II.pdf
Download (165kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (42kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (133kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
BAB VI.pdf
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (103kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (602kB)
Abstract
Jasa pengangkutan atau ekspedisi memegang peran penting dalam mendistribusikan barang serta jasa melaui darat, laut dan udara.Di Indonesia metode pengangkutan laut menjadi pilihan dalam mendistribusikan barang dan jasa karena dapat menampung barang yang lebih banyak dan besar, sehingga banyak bermunculan berbagai jasa yang melayani pengiriman barang melalui kapal laut.
EMKL (ekspedisi muatan kapal laut) berganti nama menjadi PPJK (perusahaan pengurusan jasa kepabeanan) atau JPT (jasa pengurusan transportasi. Jasa pengangkutan transportasi merupakan usaha pengurusan dokumen dan muatan yang akan diangkut melalui kapal atau pengurusan dokumen dan muatan yang berasal dari kapal. Jasa pengangkutan transportasi mendapat kuasa untuk mengurus barang pemilik, mengurus dokumen eksport import,bea cukai dan instansi terkait lainnya.
Biak merupakan sebuah pulau yang yang terletak di bagian utara provinsi papua. Produk dan logistik sangat bergantung dari luar daerah,putaran ekonomi kabupaten biak akan terganggu apabila logistik yang masuk terhambat karena terjadinya kendala dalam pengiriman.perjalanan yang jauh dari Surabaya memakan waktu yang sangat lama dengan estimasi perjalanan Sembilan sampai empat belas hari di hitung dengan singgahnya kapal pada pelabuhan-pelabuhan lain yang dituju untuk melakukan bongkar muat. Dengan waktu dan proses yang lama membuat banyak sekali hal tak terduga yang terjadi seperti fenomena alam hingga masalah teknis sehingga sangat berpengaruh terhadap waktu kedatangan kapal dan proses bongkar muat.Seiring berkembangnya waktu jasa pengangkutan transportasi berkembang sangat cepat dan pesat membuat persaingan menjadi sangat ketat.
PT. Pelabuhan Wapnor Biak merupakan salah satu perusahaan industry yang bergerak dibidang jasa transportasi.PT. Pelabuhan Wapnor Biak dengan visi “menjadi jasa kepelabuhanan yang berstandar internasional yang mandiri, sehat, dan menjadi kesinambungan system transportasi nasional” senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan jasa terbaik bagi pelanggannya.
Dalam melaksanakan tugasnya PT. Pelabuhan Wapnor Biak mengadakan upaya peningkatan kualitas pelayanan meliputi penataan system operasi dan system manajemen pelayanan.Khusus penataan system manajemen pelayanan diwujudkan dala system pusat pelayanan satu atap (PPSA) dan komputerisasi system administrasi pelayanan jasa. Prosedur pelayanan jasa pelabuhan dilaksanakan atas kerja sama PT Pelabuhan Wapnor Biak dengan mitra kerja pelabuhan antara lain PT. PELINDO IV cabang Biak. Perusahaan bongkar muat (PBM), dan pelayaran PT. SPIL Cabangt Biak, perusahaan pelayaran PT. TEMAS Lines, perusahaan pelayaran PT. PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) sebagai perpanjangan tangan para pengguna jasa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Bisnis - S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@iyb.ac.id |
Date Deposited: | 19 Nov 2022 14:03 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 04:42 |
URI: | http://repo.iyb.ac.id/id/eprint/6 |